Vaksin Pentavalent, Vaksin Terbaru Biofarma Mencegah 5 Penyakit

Vaksin Pentavalent, Vaksin Terbaru Biofarma Mencegah 5 Penyakit

Bio Farma  sebagai produsen vaksin nasional akan meluncurkan vaksin baru yang  diberi nama vaksin pentavalent. Vaksin baru ini merupakan gabungan lima  vaksin. Selain vaksin ini, tahun depan Bio Farma juga akan meluncurkan  vaksin baru lainnya. Vaksin pentavalent siap diluncurkan pada akhir 2012. Terobosan vaksin  terbaru ini merupakan gabungan dari lima varian vaksin yakni difteri,  pertunis, tetanus, hepatitis B, dan haemophilus influenza tipe B (hip).

Beberapa negara yang telah memproduksi vaksin yaitu Amerika Serikat,  Belgia, India, dan Perancis.  Vaksin baru ini menempatkan Indonesia  sebagai negara kelima yang memproduksi vaksin pentavalent. Dengan  produksi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar dalam maupun luar negeri

Vaksin pentavalent  mencegah 5 Penyakit

• DPT (Dipteri Pertusis Tetanus) Merupakan kombinasi vaksin diptheria (bakteri yang menyebabkan penyakit pernapasan), tetanus (penyakit menggangu sistem saraf yang juga dikenal dengan sebutan lockjaw), dan batuk rejan. Dipteri disebabkan oleh bakteri, mudah menular melalui batuk atau bersin. Jika tidak didiagnosa dan ditangani dengan benar dapat menimbulkan komplikasi serius dari racun yang dihasilkan bakteri. Pertusis (batuk rejan) adalah penyakit yang sangat menular. Penularan melalui kontak personal, batuk atau bersin. Pertusis berdampak paling berat pada anak < 1 tahun. Tetanus disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui luka di kulit. Anak-anak dapat terkena tetanus karena luka bakar yang parah, infeksi telinga atau gigi juga gigitan serangga. Tetanus menghasilkan racun yang dapat menimbulkan konstraksi otot yang menyakitkan dan berakibat komplikasi serius dan kematian. Jadwal : Diberikan pada umur > 6 minggu, DTwP atau DtaP atau secara kombinasi dengan hep Batau hib. Ulangan DPT umur 18 bulan dan 5 tahun. Umur 12 tahun mendapat TT pada program BIAS SD kelas VI.
  • Hib (Haemophilus influenzae type b conjugate) Hib merupakan penyakit karena bakteri, menular melalui udara. Hib dapat menyebabkan komplikasi serius seperti meningitis (radang selaput otak) dan pneumonia (radang paru), termasuk sepsis, infeksi kulit dan arthritis. Jadwal : diberikan mulai umur 2 bulan dengan interval 2 bulan. Diberikan terpisah atau kombinasi
  • Hepatitis B. Saat ini lebih dari 350 juta pasien karier virus Hepatitis B di dunia, dimana 75% berada di Asia dan Pasifik Barat. Vaksinasi Hepatitis B yang efektif telah tersedia selama lebih dari 20 tahun, tetapi transmisi perinatal dan paparan terhadap virus pada awal kehidupan merupakan sumber penularan utama. Asia Tenggara merupakan daerah endemik infeksi virus Hepatitis B, dimana 8% atau lebih merupakan karier Hepatitis B dan risiko infeksi selama hidup bervariasi dari 60-80%. Transmisi vertikal merupaakan sumber infeksi utama di seluruh dunia.

Artikel Imunisasi terkait lainnya

.

www.growupclinic.com

GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 97730777email : judarwanto@gmail.com http://growupclinic.com http://www.facebook.com/GrowUpClinic Creating-hashtag-on-twitter@growupclinic