Haji dan Umrah, Waspadai Virus Corona Berjangkit Mengganas Di Arab Saudi

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan kasus baru penularan virus corona baru di Arab Saudi. Saat ini total ada 41 pasien yang terinfeksi dan 20 orang meninggal dunia sejak kali pertama virus ini diidentifikasi pada September 2012. Virus corona jenis baru ini muncul di Timur Tengah pada akhir tahun 2012 dan menyebar sampai ke Eropa. Pasien terbaru yang dilaporkan adalah wanita berusia 81 tahun yang menderita beberapa penyakit. Ia mulai sakit pada akhir April dan saat ini kondisinya kritis.

Virus corona berasal dari keluarga yang sama dengan SARS. Virus SARS menyebar di Asia pada 2003. Namun, NCoV memiliki perbedaan dengan Sars. Corona dikenal menyebabkan infeksi pernapasan baik pada manusia maupun hewan. Namun, belum jelas apakah ada mutasi virus. Virus corona dikenal sebagai kependekan dari nCoV, tetapi para ilmuwan kini merujuk pada Middle East respiratory syndrome coronavirus (MERS-CoV). Virus tersebut berasal dari virus yang menyebabkan flu batuk biasa dan juga menyebabkan wabah mematikan SARS (severe acute respiratory syndrome) di tahun 2003. Kasus MERS sejauh ini sudah dilaporkan di Arab Saudi, Jordania, Qatar, Inggris, Jerman, dan Perancis. Akan tetapi, mayoritas kasus ditemukan di Arab Saudi.

WHO menyebutkan, pasien terakhir yang dilaporkan memiliki gejala klinis yang sama dengan 41 kasus lainnya . Sebanyak 20 kasus meninggal, yang mengindikasikan angka case fatality rate (CFR) mencapai 66,66 persen. Hal ini tentu menuntut kewaspadaan karena banyaknya jama’ah haji dan tenaga kerja di Saudi Arabia. Namun hinga saat ini belum ditemukan di daerah penginapan maupun ibadah jama’ah haji. Untuk menghindari infeksi serangan virus corona

Study Group Coronavirus (CSG) Komite Internasional Taksonomi Virus (ICTV) memutuskan pada Mei 2013 untuk memanggil novel coronavirus Middle East respiratory syndrome coronavirus (MERS-CoV). Mers-COV tidak sama dengan jenis coronavirus yang sama yang menyebabkan sindrom pernafasan akut parah (SARS) pada tahun 2003. Namun, seperti virus SARS, Mers-COV paling mirip dengan coronaviruses ditemukan di kelelawar.

Kebanyakan orang yang mendapat terinfeksi Mers-COV menimbulkan tanda dan gejala penyakit pernapasan akut seperti demam, batuk, dan sesak napas. Sekitar setengah dari mereka meninggal. Beberapa orang dilaporkan memiliki penyakit pernapasan ringan. Mers-COV telah terbukti tersebar antara orang-orang yang berada dalam kontak dekat. Transmisi dari pasien yang terinfeksi kepada personil kesehatan juga telah diamati. Cluster kasus di Arab Saudi, Yordania, Inggris, Perancis, Tunisia, dan Italia sedang diselidiki.

Virus tersebut telah menyebabkan penyakit berat pada kebanyakan orang yang terinfeksi, dan sekitar setengah dari mereka telah meninggal. Juga, virus menyebar dari orang ke orang dan telah menyebar antar negara. CDC mengakui potensi bagi virus untuk menyebar lebih lanjut dan menyebabkan lebih banyak kasus dan cluster global, termasuk di Amerika Serikat.

CDC mengembangkan diagnostik molekuler yang akan memungkinkan para ilmuwan untuk secara akurat mengidentifikasi kasus Mers. CDC juga mengembangkan tes untuk mendeteksi antibodi Mers-COV. Tes ini lab akan membantu para ilmuwan mengatakan apakah seseorang, atau telah terinfeksi dengan Mers-COV. CDC akan mengevaluasi urutan genetik seperti yang tersedia, yang akan membantu para ilmuwan lebih menggambarkan karakteristik Mers-COV.

Sebagai bagian dari kesiapsiagaan kesehatan masyarakat rutin di Amerika Serikat, CDC menyediakan mer-COV kit pengujian kepada departemen kesehatan negara. CDC juga memperbarui pedoman bagi departemen kesehatan masyarakat, penyedia layanan kesehatan, dan laboratorium. CDC menawarkan rekomendasi untuk wisatawan bila diperlukan. CDC juga membantu untuk menilai sakit wisatawan yang kembali dari daerah yang terkena dampak.

WHO dan CDC belum mengeluarkan peringatan kesehatan perjalanan untuk setiap negara berkaitan dengan mer. Jika Anda mengalami demam dan gejala penyakit pernapasan bawah, seperti batuk atau sesak napas, dalam waktu 14 hari setelah bepergian dari negara-negara di Semenanjung Arab atau negara-negara tetangga (1), Anda akan melihat penyedia layanan kesehatan Anda dan menyebutkan terakhir Anda perjalanan.

Pencegahan

Untuk mencegah penyakit ini penting menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan tubuh.Jama’ah haji dan para tenaga kerja disarankan untuk melakukan kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS). Kebiasaan sederhana ini akan menimimalisir serangan virus yang masuk ke dalam tubuh.

CDC menyarankan bahwa orang mengikuti tips ini untuk membantu mencegah penyakit pernapasan:

• Cuci tangan Anda sering dengan sabun dan air selama 20 detik, dan membantu anak-anak melakukan hal yang sama. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.
  • Tutup hidung dan mulut dengan tisu saat batuk atau bersin kemudian melemparkan jaringan di tempat sampah.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
  • Hindari kontak dekat, seperti mencium, atau berbagi gelas atau peralatan makan, dengan orang yang sakit.
  • Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh, seperti mainan dan pegangan pintu.

Pemeriksaan laboratorium tes (polymerase chain reaction atau PCR) untuk Mers-COV tersedia di departemen kesehatan negara, CDC, dan beberapa laboratorium internasional. Jika tidak, tes Mers-COV tidak tersedia secara luas. Ada sejumlah tes komersial yang tersedia, tetapi ini tidak disetujui FDA.

Sampai saat ini belum diketahui asal mula dan pencegahan corona. Gejala serangan infeksi corona mirip serangan flu pada umumnya. Namun serangan corona, kata Tjandra, relatif lebih berat. Korban corona akan merasa sangat lemas sampai tidak bisa bangun. Bila disertai batuk, suara batuk terdengar sangat keras.  Korban corona biasanya sudah memiliki penyakit kronis sebelumnya. Penyakit semakin parah dengan adanya infeksi corona.

Para pakar dari WHO saat ini sedang meneliti kemungkinan penularan virus MERS antar-manusia, tetapi hanya pada kontak yang berlangsung lama. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, virus corona baru terlihat dapat menular antarmanusia. Pernyataan itu datang setelah menteri kesehatan Prancis mengonfirmasi pria kedua yang terserang virus dengan kemungkinan penyebaran antarmanusia.  Dua orang terinfeksi lainnya yang berasal dari Arab Saudi dilaporkan meninggal dunia. Virus Corona atau NCoV diketahui menyebabkan pneumonia hingga gagal ginjal.

supported by

GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation Inspirasi Orangtua Cerdas, Tumbuhkan Anak Semakin Sehat, Kuat dan Pintar

• GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102
  • GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, phone (021) 44466103 – 97730777