Norovirus Menggeser Rotavirus Sebagai Penyebab Utama Diare

Norovirus telah menggeser rotavirus sebagai penyebab utama gastroenteritis akut di antara anak-anak muda dari 5 tahun. Hal itu diungkapkan oleh hasil studi baru yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine. Selama ini rotavirus dianggap sebagai penyebab utama penyakit diare pada anak.

Penelitian tersebut telah menganalisis data surveilans dari 3 kabupaten AS, Daniel Payne, PhD, MSPH, dari Pusat Pengendalian Penyakit dan (CDC) Pusat Nasional Pencegahan untuk Imunisasi dan Penyakit Pernapasan di Atlanta, Georgia> Hasilnya menunjukkan bahwa norovirus bertanggung jawab atas 21% dari akut gastroenteritis kasus pada tahun 2009 dan 2010, hanya 12% yang disebabkan rotavirus. Tahun ini telah menjadi tahun yang mengerikan bagi virus pada umumnya, tapi sekarang ada juga norovirus baru – dan seperti yang kita lihat dengan hal-hal seperti virus H1N1, saya pikir kita merasa dampak klinis besar, sekitar 15% sampai 20% dari apa yang  dilihat di Rumah Sakit setiap hari kini virus perut, “kata Robert Dudley, MD, seorang dokter anak di Pusat Layanan kesehatan, Inc, di Middletown, Connecticut, Medscape Medical News dalam sebuah wawancara. Meskipun ia tidak menguji virus tertentu, gambaran klinis cocok bahwa dari “pemain virus baru dalam campuran,” kata Dr Dudley, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Berdasarkan analisis baru mereka, Dr Payne dan rekan memperkirakan angka tahunan rata-rata rawat inap AS, kunjungan gawat darurat, dan kunjungan rawat jalan akibat infeksi norovirus untuk anak-anak di bawah 5 melebihi 14.000, 281.000, dan 627.000, masing-masing, pada tahun 2009 dan 2010. Perkiraan biaya untuk perawatan lebih dari $ 273.000.000 dalam biaya pengobatan setiap tahun.

Para peneliti mengumpulkan data untuk 1.295 anak muda dari 5 tahun yang telah dirawat karena gastroenteritis akut dan sampel yang telah diuji di laboratorium pada 1 dari 3 pusat yang membentuk Surveillance Jaringan Vaksin Baru: University of Rochester Medical Center di Monroe County, New York , Vanderbilt University Medical Center di Davidson County, Tennessee, atau Rumah Sakit Anak Cincinnati Medical Center di Hamilton County, Ohio. Mereka juga termasuk data dari 493 orang kontrol sehat untuk dilihat baik-anak kunjungan.

Secara keseluruhan, 21% dari anak-anak dengan gastroenteritis akut – 22% tahun 2009 dan 20% pada tahun 2010 – diuji positif untuk norovirus, dibandingkan dengan 4% dari kelompok kontrol, menunjukkan rendahnya tingkat infeksi tanpa gejala.

Hampir setengah (47%) dari infeksi terjadi pada anak-anak usia 6 sampai 18 bulan (usia rata-rata, 17,0 bulan, median, 14 bulan), periode puncak untuk onset gejala bulan Januari untuk kedua tahun.

Dari 147 sampel yang tersedia untuk genotip pada tahun 2009, 142 (97%) menunjukkan infeksi dengan genogroup GII, dan 5 (3%) dengan GI. Meskipun sebagian besar penyakit disebabkan oleh GII.4 varian di kedua tahun, strain dominan bergeser dari GII.4 Minerva (2006b) pada tahun 2009 (71%) untuk GII.4 New Orleans (35%) pada tahun 2010, sebagaimana ditentukan pada dasar dari 100 sampel yang tersedia untuk genotyping tahun itu.

Meskipun transisi ini, beban norovirus tahunan penyakit tetap konsisten (per 10.000 anak pada tahun 2009 dan 2010: rawat inap, 8,6 dan 5,8, kunjungan gawat darurat, 146,7 dan 134,3, kunjungan rawat jalan, 367,7 dan 260.1). Para penulis mencatat bahwa strain GII.4 telah terlibat sebagai penyebab utama wabah di seluruh dunia. “Dibandingkan dengan genotipe lain norovirus, GII.4 norovirus dikeluarkan lewat feses dalam jumlah besar selama infeksi, menyebabkan gejala yang lebih parah dengan likelihoods lebih besar dari transmisi dan hasil yang buruk, dan dapat mengikat beberapa yang berbeda histo-darah antigen kelompok, yang berfungsi sebagai norovirus mengikat ligan pada permukaan mukosa, “tulis para penulis. Mereka menambahkan bahwa mengembangkan vaksin berkhasiat dapat menjadi rumit dengan munculnya diantisipasi varian baru pada “secara teratur.”

Penelitian ini didukung oleh perjanjian kerja sama dengan CDC. Dr Payne dan Dr Dudley telah melaporkan tidak ada hubungan keuangan yang relevan. Pendukung penulis studi adalah GlaxoSmithKline, Merck, dan Luminex Diagnostik Molekuler