Cara Penularan dan Patofisiologi IPD (Invasive Pneumococcal Disease)

Cara Penularan dan Patofisiologi IPD (Invasive Pneumococcal Disease)

Widodo Judarwanto

IPD (Invasive Pneumococcal Disease) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Pneumococcus (Streptococcus pneumoniae). IPD terdiri dari 3 penyakit Pneumonia (Infeksi paru-paru), Meningitis (Infeksi selaput otak) dan Sepsis (Infeksi berat pada darah). Penyakit IPD menyebabkan angka kematian yang tinggi, sebesar 15-20 persen. Kasus tertinggi IPD terjadi pada anak-anak di bawah 2 tahun. Faktor pemicu terjangkitnya penyakit ini karena kondisi tubuh anak sedang turun atau baru sembuh dari penyakit. IPD menyerang terutama bayi dan anak di bawah 2 tahun, karena pada umur tersebut sistem kekebalan tubuh belum berkembang sempurna. Bakteri pneumococcus banyak yang kebal terhadap beberapa jenis antibiotika IPD bisa disembuhkan, tetapi tetap membawa gejala sisa seperti kelumpuhan dan kehilangan pendengaran.

Pneumonia merupakan penyebab kematian nomor dua pada anak di bawah empat tahun,
tertinggi yaitu 23,8 persen, setelah diare. IPD adalah penyakit invasif terjadi
ketika bakteri terdistribusi masuk ke dalam darah atau berkoloni pada jaringan
steril.

Penularan

IPD melalui percikan ludah ketika berbicara, batuk dan bersin. Pneumococci encapsulated berbentuk lanset , gram positif diplococci. Bakteri ini ditularkan orang ke orang melalui kontak droplet pernapasan. Pneumococci dapat menyebabkan penyakit baik dengan penyebaran langsung dari permukaan mukosa misalnya, otitis media) atau dengan penyebaran hematogen misalnya, meningitis disertai bakteremia. Iritasi mukosa akibat faktor-faktor seperti infeksi virus atau asap sering merupakan faktor predisposisi untuk infeksi pneumokokus. Sembilan puluh serotipe telah diidentifikasi, dengan berbagai tingkat patogenisitas. Serotipe 4, 6B, 9V, 14, 18C, 19F, dan 23F menyebabkan penyakit yang paling invasif, dan pneumococci dengan serotipe sering resisten terhadap penisilin. Penyakit IPD dapat berakibat fatal dan cacat permanen.

Peradangan pada jaringan paru akibat infeksi kuman, dan menyebabkan gangguan pernapasan. Bersifat fatal karena dapat menyebabkan kematian karena paru-paru tidak dapat menjalankan fungsinya untuk mendapatkan oksigen bagi tubuh. Meningitis adalah radang pada selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang,disebut sebagai meningen. Peradangan ini dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau mikroorganisme lainnya. Meningitis bisa mengancam jiwa karena kedekatannya peradangan ke otak dan sumsum tulang belakang, sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai darurat medis.

Gejala meningitis disebabkan bakteri adalah demam,penurunan kesadaran, dan kaku kuduk. Pada bayi, gejalanya sering tidak khas berupa demam, suhu justru turun, lemas, sulit minum, muntah, diare, sesak napas, kejang, dan atau ubun-ubun besar menonjol. Pada anak lebih besar, anak mengalami demam, nyeri kepala, mual, muntah, kebingungan, dan lemah. Gejala kaku kuduk ditemukan pada 75 persen anak. Akhirnya anak dapat meninggal.

Kematian terjadi pada 10-80 persen anak, tergantung umur anak, penyebab, kecepatan pengobatan dan lain-lain. Di antara kasus yang hidup, sebanyak 50-80 persen mengalami kecacatan berupa kelumpuhan, gangguan pendengaran, kurang kemampuan belajar, keterbelakangan mental dan epilepsi Meningitis dapat diobati dengan pemberian antibiotika secepatnya. Namun pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Meningitis dapat dicegah dengan vaksin Hib dan Streptococcus pneumonia.

Untuk mendapat perlindungan yang baik, sesuai rekomendasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) vaksin harus dimulai sedini mungkin sejak anak berumur 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Kemudian dilakukan ulangan satu tahun kemudian. Pencegahan terhadap meningitis dapat menurunkan angka kematian pada bayi dengan signifikan

IPD adalah sekelompok penyakit yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae. Bakteri pneumokokus menimbulkan penyakit secara lokal atau non-invasive, seperti infeksi telinga tengah atau otitis media, infeksi atau radang paru yang disebut pneumonia dan sinusitis. Streptococcus pneumoniae berkolonisasi saluran pernapasan atas individu sehat dan merupakan salah satu penyebab yang paling sering dari infeksi bakteri pada anak-anak. Infeksi umum yang disebabkan oleh patogen ini termasuk otitis media (OM), sinusitis, okultisme bakteremia, pneumonia, dan meningitis. Pneumococci juga dapat menyebabkan osteomyelitis, septic arthritis, perikarditis, dan peritonitis. Lihat gambar di bawah ini.

Otitis media adalah infeksi bakteri pada telinga tengah yang dapat menyertai infeksi saluran pernapasan. Gejalanya antara lain nyeri telinga, demam, rewel, dan gangguan pendengaran sementara. Infeksi telinga tengah cenderung terjadi pada masa bayi dan kanak-kanak sehingga bisa menyebabkan gangguan pendengaran yang menetap dan mengalami keterlambatan bicara. Gejala bakterimia pada bayi kadang-kadang sulit diketahui karena pada awalnya dapat serupa dengan infeksi virus biasa, seperti bayi menderita demam tinggi dan rewel terus-menerus diikuti dengan atau tanpa infeksi saluran pernapasan.

Bila serangan infeksi yang secara cepat masuk ke dalam sirkulasi darah dan merusak (invasive), seperti infeksi selaput otak (meningitis) atau biasa disebut radang otak. Bila bakteri pneumokokus masuk dalam sirkulasi darah atau bakteremia, maka ia akan menyebabkan berbagai gangguan organ tubuh disebut sepsis. Akhirnya ini bisa menimbulkan kegagalan fungsi organ atau multi organ failure.

Ada tiga bakteri penyebab meningitis, yaitu Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae tipe b, dan Niesseria meningitides. Dari ketiga itu Streptococcus pneumoniae adalah bakteri yang sering kali menyerang anak di bawah usia dua tahun. Gejala meningitis di antaranya demam tinggi, nyeri kepala hebat, mual, muntah, diare, leher kaku, dan takut pada cahaya (photophobia). Bayi rewel, tampak lemah dan lesu (lethargic), menolak makan, dan pada pemeriksaan teraba ubun-ubun menonjol, serta dapat terjadi penurunan kesadaran dan kejang.

Meningitis karena bakteri pneumokokus dapat menyebabkan kematian pada 17 persen penderitanya hanya dalam waktu 48 jam. Dan apabila sembuh, sering kali meninggalkan kecacatan permanen, misalnya gangguan pendengaran dan saraf seperti gangguan motorik, kejang, keterbelakangan mental, dan kelumpuhan.

Bakteri Streptococcus pneumoniae:

• Dapat menyerang siapa saja dan dimana saja
  • Hidup normal dalam rongga hidung dan tenggorokan
  • dapat menjadi rentan pada kelompok umur yang rentan seperti bayi dan anak-anak di bawah 2 tahun

Referensi:

• Deeks SL, Palacio R, Ruvinsky R, et al. Risk factors and course of illness among children with invasive penicillin-resistant Streptococcus pneumoniae.The Streptococcus pneumoniae Working Group. Pediatrics. Feb 1999;103(2):409-13.
  • Teele DW. Pneumococcal infections. In: Feigin RD, Cherry JD, eds. Textbook of Pediatric Infectious Diseases. Vol 1. 5th ed. Philadelphia, PA: WB Saunders Co; 2005.
  • [Best Evidence] Todd JK. Streptococcus pneumoniae (Pneumococcus). In: Behrman RE, Kliegman RM, Jenson HB, eds. Nelson Textbook of Pediatrics. 18th ed. Philadelphia: WB Saunders Co;2007.

supported by

GRoW UP CLINIC Yudhasmara Foundation Inspirasi Orangtua Cerdas, Tumbuhkan Anak Semakin Sehat, Kuat dan Pintar

• GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102
  • GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, phone (021) 44466103 – 97730777