Kenali Masalah Kesehatan Dari Warna Urine

Kenali Masalah Kesehatan Dari Warna Urine

Bagaimana Anda tahu kapan urin dikatakan normal? Bagaimana Anda mengenali warna urin yang abnormal? Nah, kapan saja urin bukan warna kuning lampu kuning atau jerami, dapat dianggap sebagai warna urin yang abnormal. Apakah urin yang abnormal tanda dari sesuatu yang tidak sehat atau bahkan berbahaya? Ini bukan tujuan kami untuk menakut-nakuti Anda sebagai kita membahas warna urin yang berbeda, melainkan untuk memberitahu Anda. Warna urin biasanya hanya gejala dan bukan masalah kesehatan dalam dan dari dirinya sendiri.

Tiga penyebab utama dari warna urin yang abnormal diantaranya adalah kenis makanan yang dikonsumsi,  obat yang diminum atau adanya masalah kesehatan. Jika Anda kawatir  tentang perubahan warna urin normal,harus dicermati dan harus ditentukan apakah ada masalah serius.

Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan,

  • “warna urin saya adalah abnormal.
  • Apa yang aku rasakan? “
  • “Apa yang telah saya makan baru yang dapat mempengaruhi warna air seni saya?
  • Apakah saya telah makan makanan yang saya biasanya tidak makan? “
  • “Apa yang saya mengambil obat (resep atau over the counter)?
  • Apakah saya mengenal sisi mempengaruhi dari mengambil obat ini? “
  • “Apakah saya minum cukup air?
  • Apakah saya mengalami dehidrasi?

Kenali Masalah kesehatan Dari Warna Urine

  • Warna jernih Walau warna jernih serinmgkali dianggap normal, namun  jika hal ini terus menerus menjadi warna kemih menunjukkan bahwa tubuh terlalu banyak menkomsumsi cairan. Mineral air yang di komsumsi selayaknya di sesuaikan dengan berat badan, contohnya jika berat badan 60kg maka dalam sehari cairan yang di komsumsi hanya 2 liter. Di samping itu, warna tersebut juga mengindikasi kan adanya gangguan hati, seperti hepatitis virus akut atau sirosis. Tapi kondisi tersebut juga di sertai gejala lain, seperti kulit yang menguning, mual, muntah, demam dan rasa kelelahan.
  • Warna cokelat atau gelap seperti teh. Kondisi ini tidak bisa di anggap ringan. Apalagi jika di sertai dengan tinja berwarna pucat, karena hal tersebut merupakan adanya gangguan hati. Keadaan lain yang bisa menimbulkan warna tersebut adalah saat dehidrasi (kekurangan cairan) atau mengkonsumsi vitamin tertentu khususnya vitamin B atau obat-obatan lainnya.
  • Warna keruh. Jika urine berwarna keruh dan disertai mengalami sakit punggung atau perut bagian bawah kemih dan merasa seperti demam, dapat dicurigai sebagai infeksi pada saluran kemih.
  • Warna kuning cerah atau seperti neon. Bertanda bahwa tubuh terlalu banyak mengkomsumsi suplemen. Dan bertanda bahwa tubuh sedang dehidrasi. Solusinya adalah perbanyak minum, namun ingat kondisikan dengan berat badan. Karena mengkomsumsi banyak cairan juga akan berdampak tidak baik bagi tubuh.
  • Warna merah muda atau merah. Warna merah pada urin bisa berbahaya bila disebabkan karena darah. Penyebab lainnya adalah mengkonsumsi bahan kimia atau obat-obatan atau maknan tertentu. Berbagai penyakit seperti infeksi saluran kencing dan gangguan ginjal dapat menunjukkan kencing darah. Mengkonsumsi makanan tertentu terutama buah naga yang berwarna merah. Selain dari makanan atau minuman yang di komsumsi, efek warna ini timbul dari obat pencahar yang di komsumsi.
  • Warna orange atau jingga. Di pengaruhi oleh obat-obatan yang di komsumsi, pengaruh dari komsumsi makanan seperti jeruk atau yang berwarna merah. Namun juga indikasi tubuh sedang mengalami dehidrasi.
  • Warna Hijau. Asparagus dapat menyebabkan warna urin kuning atau gelap warna urin hijau. Asparagus adalah contoh dari penyebab alami dari urin hijau, tapi jangan lupa tentang pewarna seperti pewarna makanan. Pewarna makanan buatan dengan mudah dapat menjadi penyebab air seni hijau.  Minum bir hijau juga dapat menjadi hijau urin Anda karena pewarna makanan hijau di bir. Tentu saja, intensitas urin hijau tergantung pada berapa banyak bir hijau Anda minum. Makanan lain yang perlu dipertimbangkan adalah licorice hitam.
  • Warna biru . Urin dapat memiliki warna kebiruan untuk itu dalam kondisi tertentu. Pada keadaan yang paling ekstrim, urin bahkan dapat terlihat seperti pembersih kaca biru. Tetapi di bawah kondisi yang paling, urin mungkin menampilkan kebiruan pucat. Warna urin biru pucat dan kemungkinan besar disebabkan oleh makanan yang Anda makan akhir-akhir ini atau obat yang dikonsumsi. Dengan kata lain, pewarna adalah alasan yang paling mungkin Anda akan melihat biru di toilet, dan harus memiliki konsentrasi yang sangat tinggi pewarna untuk secara signifikan menghitamkan air seni Anda di luar warna yang sangat pucat. Obat dan obat-obatan adalah penyebab khas urin biru, karena banyak dari mengandung pewarna. Biru Metilen adalah pewarna cukup umum digunakan dalam obat, dan juga digunakan sebagai zat warna indikator untuk analisis medis. Pil biru kecil seperti Viagra yang membawa beberapa orang untuk membantu mereka keluar dengan disfungsi ereksi. Beberapa obat, dapat memiliki efek samping sementara mengubah warna urin Anda menjadi biru. Pertama, Anda perlu bertanya pada diri sendiri jika benar-benar urin biru, atau bisa itu warna urin hijau? Obat-obat berikut ini dapat menyebabkan warna urin biru: triamterene sebagai diuretik ringan dan dapat menyebabkan warna urin biru. Rinsapin  obat antibiotik kadang-kadang digunakan untuk mengobati infeksi Staphilokokus.
  • Urin berbusa Urin berbusa  biasanya terjadi karena mengkonsumsi lebih banyak protein. Jika memiliki banyak protein dalam urin, protein bereaksi dengan udara dan air, menciptakan urin berbusa. Kadang-kadang mengalami urin berbusa setelah makan banyak daging ikan, ayam dan lainnya. Daging ini mengandung muco-protein. Jika tubuh dalam keadaan normal protein biasanya dikeluarkan dari tubuh Protein, bereaksi dengan udara, kemudian menghasilkan urin berbusa.

 

www.growupclinic.com

Supported By: GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 97730777email : judarwanto@gmail.com http://growupclinic.com http://www.facebook.com/GrowUpClinic Creating-hashtag-on-twitter@growupclinic. Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr WIDODO JUDARWANTO, pediatrician email : judarwanto@gmail.com curriculum vitae Creating-hashtag-on-twitter: @WidoJudarwanto www.facebook.com/widodo.judarwanto Mobile Phone O8567805533 PIN BB 25AF7035

“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2014, GRoW UP CLINIC Information Education Network. All rights+ reserved

LINK TEREKOMENDASI:

Tentang iklan-iklan ini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s